Rio Adhitya Cesart

Kita Berbagi Masalah Kita Berbagi Solusi

Jelajah Bendungan Slinga




     Bendungan Slinga atau masyarakat setempat sering menyebutnya Bendungan Selis merupakan salah satu bendungan yang terdapat di Kabupaten Purbalingga, tepatnya di Desa Slinga, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga. Bendungan ini bisa dikatakan bendungan lama, namun bisa juga disebut bendungan baru. Bendungan ini dibilang bendungan lama karena sejatinya Bendungan Slinga dibangun pada masa penjajahan Belanda, namun bisa juga dikatakan ini bendungan baru karena pada tahun 2010 hingga 2012 bendungan ini mengalami perbaikan.
     Sebelumnya Bendungan Slinga hanya berfungsi sebagai sarana irigasi, namun setelah dilakukan perbaikan dan penyelenggaraan berbagai kegiatan di bendungan ini mulai banyak orang yang menjadikan Bendungan Slinga menjadi salah satu destinasi wisata yang berada dekat dari pusat kota Purbalingga. Banyak yang hanya sekedar melihat-lihat, berfoto dengan latar belakang berupa bendungan, bermain air, maupun memancing. Jika ingin bermain air dan tidak pandai berenang carilah spot yang tidak dalam, serta tidak di dekat bendungannya karena akan sangat berbahaya. Keselamatan anda tidak terjamin.
     Sebagai salah satu destinasi wisata di Purbalingga, Bendungan Slinga masih kurang mendapat perhatian dari Pemkab Purbalingga. Sebagai contoh tidak adanya penunjuk arah menuju bendungan sehingga seringkali para wisatawan kebingungan mencari bendungan ini dan kesasar sangat jauh. Jalur yang ditempuh menuju bendungan ini adalah dari arah Purbalingga sampai pertigaan Kalikajar belok kiri, lurus saja ikuti jalan hingga bertemu SD 1 Slinga, selepas SD 1 Slinga jalan berbelok ke kanan, maju sedikit dikiri jalan ada jalan aspal kecil, ikuti jalan aspal kecil itu hingga sampai Bendungan Slinga. Jika masih bingung dengan penjelasan tersebut, anda sesekali bisa bertanya kepada warga sekitar.

     Wisata ke Bendungan Slinga sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari karena kondisi Bendungan Slinga akan sangat panas di siang hari dan disekitar bendungan ini belum ada pohon besar sebagai tempat berteduh. Pohon yang ada ukurannya masih kecil, bisa dikatakan baru menanam benih pohon. Selain itu bawalah bekal makanan sendiri jika ingin bersantai sambil makan-makan karena disini tidak ada (mungkin sesekali ada namun sangat jarang) orang yang berjualan makanan maupun minuman. Bendungan Slinga juga masih minim fasilitas dan pengamanan sehingga pastikan kendaraan diparkir di tempat yang aman serta kendaraan tersebut terkunci untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, helm juga disarankan dikunci di bagasi bagi pengunjung yang mengendarai motor. Jika masyarakat sekitar mau kreatif dan Pemkab mau membantu mengembangkan potensi wisata Bendungan Slinga niscaya bendungan ini akan menjadi destinasi wisata unggulan di Purbalingga.



Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jelajah Bendungan Slinga"