Rio Adhitya Cesart

Kita Berbagi Masalah Kita Berbagi Solusi

Identitas Universitas Jenderal Soedirman

Logo :

  1. siluet hitam Panglima Besar Jenderal Soedirman setengah badan bagian atas menengok ke kanan dan mengenakan iket (kain pengikat kepala khas Banyumas);
  2. bintang bersudut lima berwarna kuning;
  3. sekuntum bunga cempaka putih dengan satu putik dan masing-masing tiga mahkota serta dua kelopak daun di sebelah kiri dan kanan;
  4. lima mahkota bunga teratai kuning emas melingkari siluet, bintang dan bunga cempaka.


Makna :
  1. cita-cita, sifat, dan semangat Panglima Besar Jenderal Soedirman yang senantiasa menjiwai warga dan alumni universitas;
  2. dalam mengemban tugas pendidikan tinggi, universitas senantiasa berlandaskan Pancasila;
  3. warga kampus dan alumni universitas senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, membela kejujuran, kebenaran, keadilan, bersifat satria, bertanggung jawab, dan tidak mengenal menyerah;
  4. universitas mengemban tugas menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dengan berpedoman pada pola ilmiah pokok “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Berkelanjutan”.

Bendera :
  1. Bendera universitas berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran panjang 150 cm dan  lebar 100 cm atau 3 (tiga) berbanding 2 (dua).
  2. Bendera UJS berwarna dasar kuning keemasan Gold (#FFD700).
  3. Letak lambang UJS dan tulisan Universitas Jenderal Soedirman berada di tengah bendera.
  4. Bendera UJS adalah sebagai berikut :





Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2017, lambang Universitas Jenderal Soedirman mengalami perubahan.
UNSOED mempunyai lambang berbentuk mahkota bunga teratai berkelopak 5 (lima) berwarna kuning dengan garis tepi berwarna hitam yang di dalamnya terdapat:
a. siluet hitam Panglima Besar Jenderal Soedirman setengah badan menengok ke kanan dan mengenakan kain pengikat kepala khas Banyumas (iket);
b. bintang bersudut 5 (lima) berwarna kuning emas;
c. sekuntum bunga cempaka putih dengan 1 (satu) putik dan masing-masing 3 (tiga) mahkota serta dua kelopak daun di sebelah kiri dan kanan; dan
d. tulisan UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN dan 1963 dengan huruf bookman old style yang dipertebal (bold) berwarna hitam, berbentuk lingkaran yang dibatasi oleh 2 (dua) bintang.

Makna lambang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:
a. mahkota bunga teratai berkelopak 5 (lima) memiliki makna UNSOED dalam mengemban tugas pendidikan tinggi, UNSOED senantiasa berlandaskan Pancasila;
b. siluet hitam Panglima Besar Jenderal Soedirman memiliki makna cita-cita, sifat, dan semangat Panglima Besar Jenderal Soedirman yang senantiasa menjiwai Warga UNSOED dan Alumni;
c. bintang bersudut 5 (lima) berwarna kuning memiliki makna Warga UNSOED dan Alumni senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; dan
d. sekuntum bunga cempaka putih memiliki makna Warga UNSOED dan Alumni senantiasa membela kejujuran, kebenaran, keadilan, bersifat satria, bertanggung jawab, dan tidak mengenal menyerah.

Lambang Unsoed adalah sebagai berikut:

UNSOED memiliki bendera berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran panjang berbanding lebar 3:2 (tiga berbanding dua) berwarna dasar kuning tua (deep yellow) dengan kode CMYK: 10-35-100-0 dan di tengahnya terdapat lambang UNSOED. Bendera UNSOED sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut:

Fakultas dan pascasarjana di UNSOED memiliki bendera berbentuk 4 (empat) persegi panjang dengan ukuran panjang berbanding lebar 3:2 (tiga berbanding dua) dengan warna dasar yang berbeda dan di tengahnya terdapat lambang UNSOED dengan ukuran lebar lambang berbanding lebar bendera 1:3 (satu berbanding tiga) serta di bawahnya terdapat tulisan nama fakultas atau pascasarjana.
  • Bendera Fakultas Pertanian berwarna dasar hijau dengan kode CMYK: 100-50-100-1 dan tulisan FAKULTAS PERTANIAN berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Biologi berwarna dasar Biru dengan kode CMYK: 100-100-0-0 dan tulisan FAKULTAS BIOLOGI berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Ekonomi dan Bisnis berwarna dasar abu-abu dengan kode CMYK: 0-0-0-50 dan tulisan FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Peternakan berwarna dasar coklat dengan kode CMYK: 0-50-91-0 dan tulisan FAKULTAS PETERNAKAN berwarna hitam dengan kode CMYK: 0-0-0-100, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Hukum berwarna dasar merah dengan kode CMYK: 0-90-100-0 dan tulisan FAKULTAS HUKUM berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna dasar oranye dengan kode CMYK: 0-69- 100-0 dan tulisan FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Teknik berwarna dasar biru dengan kode CMYK: 99-100-1-5 dan tulisan FAKULTAS TEKNIK berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Kedokteran berwarna dasar hijau dengan kode CMYK: 77-4-77-4 dan tulisan FAKULTAS KEDOKTERAN berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan berwarna dasar light cyan dengan kode CMYK: 49-0-22-0 dan tulisan FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN berwarna hitam dengan kode CMYK: 0-0-0-100, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Ilmu Budaya berwarna dasar putih dengan kode warna CMYK: 0-0-0-0 dan tulisan FAKULTAS ILMU BUDAYA berwarna hitam dengan kode CMYK: 0-0-0-100, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berwarna dasar merah tua dengan kode CMYK: 11-90-100-54 pada kanan dan kiri, dan warna kuning emas dengan kode CMYK: 0-16-100-0 pada bagian tengah membentuk bidang vertikal dan tulisan FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan warna dasar navy blue dengan kode CMYK: 100-100- 11-55 pada sudut kiri atas dan sudut kanan bawah dan cyan dengan kode CMYK: 49-0-22-0 pada bagian tengah membentuk bidang diagonal dan tulisan FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN berwarna kuning dengan kode CMYK: 10-35-100-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Bendera pascasarjana berwarna dasar merah marun dengan kode CMYK: 8-100-100-45 dan tulisan PROGRAM PASCASARJANA berwarna putih dengan kode CMYK: 0-0-0-0, dengan gambar sebagai berikut:
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai penggunaan bendera fakultas dan pascasarjana diatur dengan Peraturan Rektor.
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Identitas Universitas Jenderal Soedirman"